Minggu, 26 Maret 2017

Letak Astronomis Indonesia

A.    Pengertian Letak Astronomi
Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal  pada peta atau globe yang membentang dari barat ke timur, sedangkan garis bujur adalah garis khayal pada peta atau globe yang membujur dari kutub utara ke kutub selatan.
Berdasarkan  letak  astronomisnya Indonesia berada di antara 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT. Wilayah paling utara adalah Pulau Weh teletak pada 60 LU dan wilayah paling selatan adalah Pulau Rote terletak pada 110 LS. Wilayah Indonesia paling barat berada di ujung utara Pulau Sumatra pada 950 BT dan paling timur berada di Kota Merauke terletak pada 1410 BT.


B. Pengaruh letak Indonesia secara Astronomis:
1.      Sinar matahari selalu ada sepanjang tahun
Salah satu manfaat dari sinar matahari yang sepanjang tahun adalah produksi sektor agraris di Indonesia dapat dikembangkan dengan maksimal.
2.      Lahan pertanian yang subur.
Curah hujan yang tinggi membuat tanah di Indonesia menjadi subur, sehingga cocok untuk ditanami oleh berbagai macam varietas.
3.      Suhu udara tidak ekstrim (tidak jauh berbeda antar musim)
Hal tersebut membuat Indonesia nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam dan di luar rumah.
4.      Lama siang dan malam juga hampir sama, yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam.
5.      Memiliki keragaman flora dan fauna yang bervariasi
Salah satu dari manfaat terpenting dari letak astronomis Indonesia yang beriklim tropis adalah memilki keberagaman flora dan fauna yang sangat bervariasi. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memilki banyak sekali flora dan juga fauna yang beraneka ragam.
6.      Lokasi wisata yang populer
Indonesia dengan suhu udaranya yang hangat, keanekaragaman hayati dan juga pemandangan yang indah membuat Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata. Turis-turis mancanegara menjadikan Indonesia salah satu destinasi wisata dunia, dan menganggap bahwa lokasi yang berada pada iklim tropis adalah lokasi yang sangat eksotis, sehingga membantu meningkatkan potensi pariwisata dari Indonesia.
7.      Banyak terdapat hutan hujan tropis.
Indonesia yang terletak pada lokasi beriklim tropis, membuat Indonesia memiliki banyak hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis merupakan kumpulan hutan yang khas dari sebuah lingkungan beriklim tropis. Hutan hujan tropis merupakan penyumbang oksigen terbesar di dunia, dan Indonesia adalah salah satunya.
(Sumber:http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/manfaat-letak-astronomis-indonesia)

0 komentar:

Posting Komentar